Jumat, 21 Desember 2012

Facebook Bikin Doyan Ngemil?

Facebook Bikin Doyan Ngemil?Para pengguna Facebook lebih cenderung untuk mengkonsumsi camilan tak sehat setelah menghabiskan waktu di situs jejaring sosial tersebut, khususnya jika mereka berkontak dengan teman dekat mereka.

Berinteraksi dengan teman-teman secara online ternyata bisa meningkatkan rasa percaya diri seseorang yang kemudian menurunkan kemampuan kontrol diri dan membuat mereka lebih cenderung untuk mengkonsumsi camilan tidak sehat segera setelahnya, demikian diungkapkan para ilmuwan.
Dampak facebook terhadap kehidupan sudah beberapa kali menjadi tema penelitian. Sebelumnya, facebook dianggap bisa mengancam hubungan romantis. Facebook juga dianggap lebih "menggairahkan" ketimbang bercinta. Lalu, bagaimana dengan cemilan?
Hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of Consumer Research, menunjukkan betapa signifikannya dampak dari situs jejaring sosial terhadap perilaku seseorang dan masyarakat, ungkap para ilmuwan dari
Columbia University dan Pittsburgh University seperti dikutip situs Telegraph 19 Desember 2012.

"Karena konsumen peduli dengan imej yang mereka tampilkan kepada teman-teman dekat, jejaring sosial mendorong rasa percaya diri para pengguna agar fokus pada teman-teman dekat saat berselancar di jejaring sosial. Hal ini meningkatkan rasa percaya diri pengguna yang kemudian membuat mereka lepas kontrol diri," ujar para peneliti.
Para ilmuwan menggunakan lima eksperimen dalam mengamati perilaku pengguna Facebook demi mengetahui efek dari aktivitas online mereka terhadap perilaku offline, untuk misalnya, makan dan membelanjakan uang. Kelima hasil studi itu menunjukkan adanya hubungan antara penggunaan jejaring sosial seperti Facebook dan rendahnya kontrol diri atas kesehatan seseorang, ketekunan mental dan kebiasaan berbelanja.

Orang yang menghabiskan hampir seluruh waktu mereka berkomunikasi online dengan teman-teman dekatnya mempunyai rasa percaya diri yang lebih tinggi dan lebih cenderung mengkonsumsi camilan tidak sehat setelah mereka log off (keluar dari internet).

Namun hal tersebut tidak terjadi para orang-orang yang lebih memfokuskan pada  hubungan yang lemah dan mereka kurang familiar, ungkap para ilmuwan. Masih menurut penelitian tersebut, mereka yang menghabiskan waktu lebih banyak untuk berbicara online dengan teman-teman dekatnya juga mempunyai indeks massa tubuh rasio antara berat tubuh dan tinggi badan dan lebih sering menggunakan kartu kredit.

Para ilmuwan mengatakan bahwa hasil riset ini perlu diperhatikan sebab semakin meningkatnya jumlah waktu bersosialisasi via internet dan mudahnya mengakses situs Facebook melalui gadget seperti ponsel pintar. "Mengingat kontrol diri adalah penting untuk menjaga kelangsungan hubungan sosial dan kesejahteraan sosial, efek kecil ini bisa memberikan dampak yang luas," ujar para ilmuwan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar