Senin, 25 Februari 2013

Nvidia Tegra 4 Vs Tegra 4i

Nvidia Tegra 4 Vs Tegra 4iUdah lama nih gk ngeposting berita2 teknologi,, nih ane kasi yang terbaru ...

Bicara Nvidia pasti kurang pas jika tidak membahas prosesor mobile terbarunya Tegra 4 dan Tegra 4i. Hal tersebut juga terlihat di saat ajang Mobile World Congress (MWC) edisi 2013 digelar di Barcelona, Spanyol.

Selama ini, banyak pihak yang mengatakan bahwa Tegra 4 lebih kuat dibandingkan Tegra 4i, karena dilengkapi oleh prosesor GPU yang melebihi Tegra 4i (72 vs 60) dan membawa prosesor ARM 15 sebagai bagian dari paket NVIDIA 4+1 quad core. Sementara itu, Tegra 4i menggunakan ARM9-r4 yang tidak memiliki kualitas sebaik ARM 15 yang sudah mampu mengendalikan sendiri optimasi dari ARM dan NVIDIA.

Perbandingan di antara keduanya akan semakin sengit, mengingat sebuah prosesor harus dites kemampuannya saat menjalankan sebuah perangkat. Ajang MWC menjadi salah satu kesempatan baik untuk benar-benar melihat kemampuan keduanya. Terlebih lagi, NVIDIA tengah mengembangkan sebuah proyek untuk membuat smartphone super yang memiliki nama samaran "PHOENIX". Namun bila
membandingkannya di atas kertas, rasanya kita wajib menunggu generasi berikutnya dari prosesor NVIDIA.

Seperti yang terlihat, foto sebelah kiri adalah Tegra 4i. Bagian bawah dari chip sendiri sedikit lebih kecil dibandingkan dengan milik Tegra 4 di sebelah kanan. Selain itu, Tegra 4 telah dilengkapi oleh modem LTE i500 serta RAM di bagian atasnya. Keduanya tidak terlihat pada Tegra 4i karena modem sudah terintegrasi ke dalam chip itu sendiri.

Saat ini kedua produk dari NVIDIA, Tegra 4 dan Tegra 4i, baru berupa protoype untuk para produsen. Meski telah beredar rumor bahwa ZTE telah berkomitmen menggunakan perangkat Tegra 4. Namun untuk Tegra 4i diprediksi akan masuk jadwal produksi pada akhir tahun 2013 atau awal 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar