Rabu, 14 November 2012

Google Fiber Resmi Dicoba di Kansas dengan Kecepatan 700 Mpbs

 
Google Fiber resmi diujicoba di Kansas. Kecepatan internet Google Fiber jangan ditanya. Laman Arstechnica menulis jika koneksi Google Fiber mencapai 700 Mbps.
Sejatinya layanan Google Fiber telah diluncurkan pada 26 Juli lalu. Bagi Anda yang baru mendengar istilah tersebut, Google Fiber adalah produk dan layanan internet super cepat besutan Google.
Layanan ini menggunakan kabel fiber optik yang telah dibangun kembali pada Mei 2011. Sedangkan proyek ini telah diperkenalkan pada 20 Maret 2011.
Google sendiri menjanjikan kecepatan koneksi internet hingga 1 Gbps. Jangan kira layanan internet dengan kecepatan tersebut sangat mahal. Pengguna hanya diwajibkan membayar USD 70 per bulan atau sekitar Rp 660 ribu per tahun!.
Kansas City menjadi lokasi pertama yang beruntung mencicipi layanan ini. Mike Demarais, pendiri Threedee bercerita tentang pengalamannya tatkala menggunakan Google Fiber.

“Saya baru saja mencobanya hari ini dan langsung terjebak dengan laptop saya selama beberapa jam. Sulit dipercaya, saya mungkin tidak akan keluar rumah!,” ujarnya.
Mike Demarais berujar jika koneksi internet Google Fiber yang ia pakai cenderung stabil. Rata-rata kecepatan yang didapatkan dikisaran 600 hingga 700 Mbps.
“Hal pertama yang saya lakukan adalah dengan BitTorrent (mengunduh) Ubuntu. Saya fikir itu hanya membutuhkan waktu dua menit. Saya akan mencobanya lagi sekarang,” tambahnya.
Kecepatan rata-rata internet di Amerika Serikat saat ini hanya sekitar 4 Mbps saja. Dengan koneksi Google Fiber, pengguna bisa mengunduh film HD dengan ‘bobot’ 3 hingga 6 GB hanya dalam hitungan menit. Pun juga dengan streaming film HD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar