Jumat, 23 November 2012

Google Fiber TV, Inikah Televisi Masa Depan?



Google meluncurkan proyek baru, Kamis (26/7/2012). Proyek prestisius yang kemungkinan mengubah masa depan cara menonton televisi dan internet itu diberi nama Google Fiber.
Google Fiber adalah nama untuk proyek internet berkecepatan super tinggi, yakni mampu berlari 100 kali lipat dari rata-rata kecepatan internet hari ini.
"Tidak ada lagi buffering, tidak ada lagi loading, tidak perlu lagi menunggu," tulis Google dalam blognya mengenai kecepatan internet dalam proyek Google Fiber.
Proyek ini diuji coba di Kansas City, Kanada. Kota itu dibagi dalam beberapa komunitas. Warganya diminta mendaftar. Komunitas mana yang paling banyak mendaftar, dia dapat prioritas.
Ini tidak gratis. Google memasang tarif bervariasi, antara lain 120 dolar AS per bulan untuk paket Fiber TV dan services internet berkecepatan tinggi, demikian laporan Mashable.com.
Pemasaran service itu dirangkaikan dengan penjualan Nexus 7, tablet berbasis Android buatan Google.
Dengan internet berkecepatan 100 kali lipat itulah, Google meluncurkan televisi fiber, Google Fiber Television.
Beda dengan televisi biasa, Google Fiber TV mirip komputer. Bisa berinteraksi, bisa search --keterampilan utamanya Google.
Televisi ini dirancang untuk penonton aktif. Pengelola televisi tidak bisa lagi mendikte apa yang perlu dan harus ditonton. Remote di tangan penonton, dan penonton bisa mencari apa yang dia hendak tonton. Nexus 7 berfungsi sebagai remote.
Content acara TV (atau film) apa yang akan dicari bisa lebih gampang melalui fasilitas DVR dan Netflix.
Inikah televisi masa depan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar