Rabu, 12 September 2012

Pengamat: iPhone 5 Akan Ganggu Industri Gadget

Belum juga diluncurkan, kedatangan iPhone 5 diprediksi bakal mengganggu pasar industri perangkat mobile dunia.
Menurut pengamat JP Morgan, Mark Moskwitz, para vendor ponsel, operator selular, dan semua pemasok komponen akan terpengaruh terhadap munculnya iPhone generasi terbaru yang bakal hadir hari ini, 12 September 2012 waktu Amerika Serikat.
"iPhone 5 akan menjadi yang terdepan di antara gadget lainnya dalam dunia teknologi mobile," kata Moskwitz seperti dikutip Cnet, Rabu 12 September 2012.
Moskwitz menyatakan, ada beberapa fitur baru yang membuat Apple menjadi
penantang 'berat' bagi vendor ponsel lainnya. Beberapa di antaranya adalah soal kinerja baterai, ukuran layar, jaringan 4G LTE, dan tentunya software yang ada di dalam ponsel cerdas itu.
Kendati ponsel yang mampu bekerja di jaringan LTE sudah banyak di pasaran, kedatangan Apple iPhone 5 memiliki ruang tersendiri dibanding merek lainnya. Menurut Moskowitz, iPhone 5 akan 'memaksa' semua operator untuk meningkatkan jaringan mereka menjadi 4G, sehingga lambat laun pelanggan mulai meninggalkan ponsel berjaringan 3G.
Itu baru analisis dari sisi jaringan. Dari sudut pandang pemasok komponen, perusahaan LG akan 'kecipratan' banyak pekerjaan karena memasok panel in-cell di iPhone, sementara Samsung bertanggung jawab menyediakan komponen memori grafis. Adapun di di level bawah, debut iPhone 5 akan mempengaruhi perusahaan pengembang aplikasi. Mengingat Apple App Store adalah toko aplikasi terbesar yang ada saat ini.
Moskwits melanjutkan, iPhone 5 perlahan-lahan bakal 'menyakiti' industri komputer personal. Pasalnya, kemampuan ponsel tersebut digadang-gadang mampu menyamai bahkan lebih unggul ketimbang notebook.
Dari kalkulasi Katy Huberty, seorang analis dari Morgan Stanley, dalam kuartal keempat tahun lalu Apple mampu mengapalkan 48 sampai 53 juta unit iPhone. Angka ini diprediksi terus naik hingga mencapai 266 juta unit iPhone di tahun 2013.
Kehadiran iPhone 5 memang sedang ditunggu penggila gadget dunia. Kabarnya, ini adalah gadget Apple terakhir yang dikerjakan Steve Jobs sebelum meninggal pada Oktober tahun lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar