Jumat, 14 September 2012

Sinyal Telkomsel Hingga ke Pulau Dodola

Sinyal Telkomsel Hingga ke Pulau DodolaPulau Dodola terletak di sebelah barat Pulau Morotai. Pulau ini tak berpenghuni dan dijadikan oleh pemerintah Kabupaten Morotai sebagai objek wisata. Dari kota Morotai waktu tempuh ke Dodola adalah 10 menit dengan menggunakan kapal cepat (speed boat) dan 20 menit jika menggunakan kapal biasa.
Rombongan Telkomsel di sela-sela kunjungannya di acara Sail Morotai 2012 menyempatkan ke pulau
tersebut, Kamis (13/9/2012).
Anehnya, di pulau kecil tersebut para wisatawan dapat berkomunikasi dengan menggunakan telepon seluler. Sinyal di sepanjang perjalanan ke pulau tersebut ternyata bisa digunakan untuk menelepon.
Sinyal yang digunakan berkomunikasi di pulau-pulau tersebut berasal dari tower-tower Telkomsel yang dipasang di Kota Morotai. Telkomsel adalah operator satu-satunya yang menyiapkan perangkat komunikasi untuk Morotai dan pulau-pulau kecil di sekitarnya termasuk Dodola. Ada empat Tower Telkomsel dipasang di Pulau Morotai.
Menurut Head of Corporate Comunication Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan (Pamasuka) Devision Jowvy Kumala, telkomsel sebenarnya telah hadir di Pulau Morotai sejak 2004 lalu.
Hanya saja itu baru di Daruba, ibu kota Morotai. Pada Maret 2010 Telkomsel memperluas jaringannya hingga ke pulau-pulau seperti Bere-bere.
Jelang pelaksanaan Sail Morotai 2012 Telkomsel kembali membangun pemancar ringkas untuk pusat pelaksanaan kegiatan yakni di Pantai Juanga.
"Kami juga melakukan instalasi unit-unit BTS indoor yang dapat memenuhi kebutuhan signal dalam ruangan, instalasi GSM, DCS, dan 3G di setiap BTS. Selain itu dipasang unit repeater (penguat signal) di lokasi-lokasi tertentu," terang Head of ICT Network Operation Pamasuka gruop, Andrias Indra.
Dengan perangkat-perangkat yang dipasang parmanen tersebut kapasitas di Morotai meningkat 4 kali lipat dari sebelumnya.
"Jika dilihat dari rata-rata panggilan per pelanggan khusus di Daruba yang awalnya mampu melayani 6.000 pelanggan, kini tetap stabil saat digunakan 21.000 pelanggan secara bersamaan," tambah Andrias.
Bagi yang memerlukan akses internet, Telkomsel juga meningkatkan akses data hingga 125 kali lebih cepat yakni dari 40 kbps menjadi 512 kbps.
Untuk kebutuhan pulsa pelanggan, Telkomsel juga saat ini memiliki 108 MKIOS dan 76 outlet se-Kabupaten Morotai, 20 diantaranya berada di Kota Daruba.
Pada kesempatan itu manajemen Telkomsel memberikan kejutan kepada pemilik warung Makan Prima Rasa Morotai, Kamis (13/9/2012).
Rombongan Telkomsel yang mampir bersantap siang di warung itu secara langsung membagikan sejumlah baju kaos ke pemilik warung bernama Bu Le' beserta karyawannya.
Hendro T Cahyono Head of Sell and Customer Care Sulawesi dan Papua Devision Telkomsel mengatakan, pemberian koas ini karena karyawan warung itu semuanya menggunakan kartu Telkomsel.
Setelah membagikan kaos ke pemilik warung, rombongan kemudian mengunjungi beberapa outlet/counter yang menjual kartu Telkomsel. Manajemen Telkomsel juga membagikan kaos ke pemilik outlet-outlet tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar